Tugas SWOT dan STRATEGI


Nama   : Rita Junita
Nim     : 1106112014
Kelas   : AGB-B
MK      : Manajemen Pemasaram

            Penulis memilih untuk menganalisis produk jasa dalam tugas analisis SWOT yang diberikan oleh dosen. Kita tahu, bahwasanya pembuatan warnet dilingkungan kampus sangat menjanjikan hasilnya. Tapi bagaimana jika usaha jasa Warnet kita justru menurun dan sepi pelanggan. Bagaimana agar kita mengembalikan kepercayaan pelanggan agare datang kembali ke warnet kita. Disinilah peran analisis SWOT berfungsi.
                Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
            Berikut saya jelaskan terlebih dahulu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dari usaha jasa warnet:

STRENGHT (Kekuatan)
  1. Akses Internet lebih cepat
  2. Memiliki ijin usaha
  3. Tempat dekat dengan target pasar
  4. Ruang nyaman dan cukup luas
WEAKNESS (Kelemahan)
  1. Agenda promosi tidak continue
  2. Manajemen keuangan tidak rapi
OPPORTUNITY (Peluang)
  1. Ada penawaran kredit bank dengan bunga bersaing untuk tambahan modal
  2. Ada penawaran produk makanan & Minuman dengan sistem bagi hasil
  3. Ada penawaran kerjasama pembuatan café
THREAT (Ancaman)
  1. Maraknya gedung/kampus yang menyediakan fasilitas free hotspot
  2. Maraknya penggunaan laptop pribadi
Setelah kita melihat kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman dari warnet ini, maka dalam rangka meningkatkan kembali omset kita yang menurut, kita bisa melakukan beberapa strategi dari matriks swot nanti. Berikut adalah penjelasan mengenai matriks swot.
  • Strategi OS adalah strateg dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Inilah yang merupakan strategi agresif positif yaitu menyerang penuh inisiatif dan terencana. Datalah program atau kegiatan yang akan dilaksanakan, kapan waktunya dan dimana dilaksanakan, sehingga tujuan organisasi akan tercapai secara terencana dan terukur. Dalam strategi SO, organisasi mengejar peluang-peluang dari luar dengan mempertimbangkan kekuatan organisasi.
  • Strategi OW adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan dalam organisasi. Dalam hal ini perlu dirancang strategi turn around yaitu strategi merubah haluan. Maksudnya, terkadang anda harus mundur satu atau dua langkah ke belakang untuk maju melangkah jauh ke depan. Peluang eksternal yang besar penting untuk diraih, namun permasalahan internal atau kelemahan yang ada pada internal organisasi lebih utama untuk dicarikan solusi, sehingga capaian peluang yang besar tadi perlu diturunkan skalanya sedikit. Dalam hal ini kelemahan-kelemahan organisasi perlu diperbaiki dan dicari solusinya untuk memperoleh peluang tersebut.
  • Strategi TS adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan kekuatan yang dimiliki organisasi untuk mengatasi ancaman yang terdeteksi. Strategi ini dikenal dengan istilah strategi diversifikasi atau strategi perbedaan. Maksudnya, seberapa besar pun ancaman yang ada, kepanikan dan ketergesa-gesaan hanya memperburuk suasana, untuk itu pahamilah bahwa organisasi anda memiliki kekuatan yang besar yang bersifat independen dan dapat digunakan sebagai senjata untuk mengatasi ancaman tersebut. Mulailah mengidentifikasi kekuatan dan menggunankannya untuk mengurangi ancaman dari luar.
  • Strategi TW adalah strategi yang diterapkan kedalam bentuk kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. Karena dalam kondisi ini, organisasi anda sedang dalam bahaya, kelemahan menimpa kondisi internal sedangan ancaman dari luar juga menyerang. Bila anda tidak mengambil strategi yang tepat, maka kondisi ini bisa berdampak buruk bagi citra dan eksistensi organisasi kedepan, Yang perlu anda lakukan adalah bersama seluruh elemen organisasi merencanakan suatu kegiatan untuk mengurangi kelemahan organisasi, dan menghindar dari ancaman eksternal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEH HIJAU MINUMAN ALAMI (Esai 800 kata)

TEH ROSELLA KAYA MANFAAT (esai 1500 kata)

MAKALAH KEPEMIMPINAN OTOKRATIS