TEH HIJAU MINUMAN ALAMI (Esai 800 kata)

Teh merupakan bahan minuman penyegar yang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Beberapa kandungan dalam teh hijau dapat memberi kesan warna, rasa, dan aroma yang memuaskan peminumnya. Berbekal kenyataan lama bahwa teh dipakai sebagai obat. Teh hijau berfungsi sebagai sarana kesehatan, kebiasaan minum teh  sehari-hari akan lebih bermanfaat daripada dikonsumsi secara insidentil sebagai sarana pengobatan, oleh karena itu, teh lebih cocok diarahkan sebagai minuman fungsional daripada sebagai obat. Teh hijau tidak mengalami proses fermentasi dimana daun teh yang telah dipetik langsung dijemur dan langsung dapat diseduh untuk dinikmati. Warna dari Teh hijau ketika diseduh adalah hijau kecoklatan.
Teh hijau dapat menimbulkan rasa nyaman dan rileks pada tubuh karena mengandung senyawa bioaktif polifenol. Nah, komponen yang menghasilkan rasa nyaman tersebut adalah L-teanin. Bagaimana cara kerja L-teanin meimbulkan perasaan nyaman? Senyawa ini diserap oleh usus kemudian dialirkan ke otak sehingga meningkatkan pelepasan domain. Teanin berinteraksi dengan neurotransmitter. Pelepasan neurotransmitter ini yang menimbulkan perasaan nyaman.Vitamin C yang berfungsi mencegah influenza, mengurangi stress, anti oksidan, dan mencegah katarak dimiliki teh hijau  lebih tinggi dibanding dalam jeruk nipis, apel dan tomat. Bukan hanya itu saja, vitamin B12 yang sulit ditemukan pada makanan lain, dimiliki teh hijau lebih tinggi dibanding yang ada pada sereal dan sayuran. Vitamin E juga dikandung oleh teh hijau. Vitamin E berfungsi untuk mencegah pembentukan lemak dalam pembuluh darah, mencegah penuaan dini dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Teh hijau juga dapat memperlambat terbentuknya nitrosamin, senyawa yang bersifat karsinogenik di dalam tubuh.Katekin yang dimiliki oleh teh hijau ini dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah, anti kanker, menurunkan kadar kolesterol dan membantu kerja ginjal mencegah terbentuknya batu empedu. Teh hijau juga mengandung kafein yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal, meningkatkan konsentrasi dan menstimulasi pusat syaraf. Teh hijau mampu melarutkan lemak karena mengandung minyak esensi dan polifenol/tanin. Selain itu, polifenol/tanin juga memperlancar pencernaan danmembunuh bakteri disentri.Teh hijau terkenal akan anti oksidannya berkat flavanols dan polifenol yang dimilikinya.  Selain itu, teh hijau mengandung monocitrate dan chloropil yang berfungsi untuk mencegah bau mulut dan mengharumkan mulut serta fluoride yang mencegah kerusakan gigi.
Teh hijau dapat menangkal kerusakan saraf yang disebabkan gangguan nafas pada penderita gangguan tidur ( disorder sleep apnea). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam teh hijau ini dapat melindungi otak hewan percobaan ketika kekurangan oksigen akibat efek gangguan tidur (obstructive sleep apnea). OSA dapat menimbulkan napas terhenti sebentar selama beberapa kali saat tidur malam. Gejalanya adalah suara ngorok yang keras dan napas terengah-engah yang bukan hanya saat tidur malam, tetapi juga saat tidur siang. Kurangnya pasokan oksigen dapat meningkatkan tekanan darah dan menimbulkan gangguan memori. Komponen yang dapat melindungi otak dari kekurangan oksigen adalah catechin polyphenols. Unsur ini dapat membantu menetralisasi partikel-partikel sel yang rusak akibat radikal bebas. Radikal bebas yang merupakan hasil sampingna metabolisme dapat menyebabkan stress oksidatif bila berlebihan. Dr. David Gozal dan koleganya yang melakukan penelitian ini mengatakan, tikus yang mengalami krisis kurang oksigen yang berarti stress oksidatif terjadi di otak, otak tikus-tikus ini terlindungi dan tidak mengalami penurunan fungsi secara berarti karena polyphenols yang dikandung teh hijau. Walaupun secara teori, teh hijau dapat digunakan untuk menangani OSA, penelitian ini perlu diujikan lebih lanjut dengan mencobakannya pada manusia.
Ketika mengkonsumsi teh, seduhlah dengan air panas tapi tidak mendidih. Lalua, diamkan 1-5 menit agar khasiatnya lebih banyak dihasilkan. Jangan mencampurkannnya dengan susu karena protein susu menetralkan polyphenol.
Selain manfaat, teh hijau juga memiliki kekurangan bila dikonsumsi berlebihan.Walaupun kafein memiliki pengaruh yang baik, kafein juga memiliki pengaruh yang buruk.  Walaupun kafein yang dimiliki oleh teh hanya setengah dari kopi, akan tetapi bisa menimbulkan pengaruh buruk bagi kesehatan. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Selain itu, kafein juga meningkatkan gula darah. Oleh sebab itu, penderita diabetes perlu berhati-hati mengkonsumsi teh hijau. Teh merupakan stimulan yang kuat bagi asam lambung sehingga teh kurang cocok dengan orang yang memiliki lambung sensitif.Kandungan yang dimiliki teh hijau seperti kafein, catechin dan asam tannic beresiko bagi kehamilan. Bilai dikonsumsi dalam jumlah besar, akan menimbulkan resiko kelahiran cacat pada tabung saraf pada bayi. Oleh sebab itu, wanita hamil dan ibu menyusui dianjurkan untuk membatasi konsumsi teh hijau. Bahkan jika perlu, pada awal kehamilan, teh hijau tidak dikonsumsi sama sekali.Teh hijau dapat mengurangi penyerapan zat besi sehingga teh hijau berbahaya bagi penderita anemia. Teh hijau kurang baik untuk anak-anak karena kandungan kafeinnya dapat menstimulus secara berlebihan. Selain itu, tanin dapat menghalangi penyerapan zat gizi seperti protein dan lemak pada anak-anak. Walaupun mencegah kerusakan gigi, teh hijau dapat menciptakan plak pada gigi. Plak ini bila tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi.
Namun, untuk mendapatkan khasiatnya, teh harus diminum dengan takaran yang tepat. Teh harus diseduh dengan kekentalan yang cukup, yaitu satu bungkus teh celup untuk satu cangkir. Kalau kadar teh terlalu sedikit, maka manfaatnya akan sedikit pula.Berdasarkan hasil penelitian Dr Sirving O Keli dari Lembaga Perlindungan Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Belanda, meminum teh sebaiknya minimal 4,7 cangkir per hari. Dengan cara ini, peminumnya akan tetap bugar dan terhindar dari gangguan jantung dan kanker.

 OLEH: MEILISA FAJRIANI

punya teman ane, moon izin yah mel. dari pada nganggur di laptop ane.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEH ROSELLA KAYA MANFAAT (esai 1500 kata)

MAKALAH KEPEMIMPINAN OTOKRATIS